Popular Post

Posted by : Unknown Jumat, 11 Juli 2014

Aplikasi Kebutuhan Maslow
Oleh : Nunuk Priyati
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

                Maslow ( 1970 ), mengemukakan bahwa kebutuhan manusia terdiri dari fisiologis, keamanan, cinta dan keberadaan, penghargaan, aktualisasi diri. Selanjutnya penulis akan menerangkan mengenai penjelasan setiap kebutuhan :
1.       Kebutuhan fisiologis merupakan kebutuhan mendasar seperti makanan, air, oksigen dll. Menurut keys, brozek, henschel, mickelsen & tailor (1950) berpendapat bawa ketika manusia mendapatkan pemenuhan bagi keb. Fisiologisnya, mereka akan hidup dengan tujuan utama memenuhi kebutuhan utamanya ini dengan bersedia melakukan apapun utuk mendapatkannya.
Misal : Adek saya bersedia masak untuk sarapan ketika belum ada makanan yang tersedia di meja makan. Adapun jika kebutuhan fisiologis adek saya terpenuhi, saya memberikan prediksi bahwa dia akan merasa nyaman dan bersemangat menjalankan kegiatan sehari – hari.
Dan jika kebutuhan fisiologis adek saya tidak terpenuhi, saya memberikan prediksi bahwa dia akan merasakan sakt fisik seperti sakit perut.
2.       Kebutuhan akan keamanan Yaitu keb. Keamanan fisik, stabilitas, ketergantungan dll. Dalam memenuhi kebutuhan ini salah satunya dengan adanya perhatian dan kasih sayang dari keluarga. Adapun jika kebutuhan akan keamanan ini terpenuhi, saya memprediksi bahwa akan adanya ketentraman. Dan jik tidak terpenuhi, seseorang akan berusaha memenuhinya dengan mencari perhatian sehingga ia diperhatikan sehingga merasa nyaman dengan adanya perhatian tersebut.
3.       Kebutuhan akan cinta dan keberadaan yaitu kebutuhan untuk bertemen, kekeluargaan, keinginan mencari pasangan dll. Penulis memberikan contoh cara dalam memenuhi kebutuhan ini, yaitu adeknya yag melakukan interaksi dengan teman – temannya seperti bermain dan belajar sebagai usahanya dalam memenuhi kebutuhan ini. Saya memprediksi, jika kebutuhan ini terpenuhi maka adek saya akan merasa bahwa dirinya diterima oleh orang – orang yang memang penting baginya. Dan jika tidak terpenuhi, dia akan mencari cinta dan kasih sayang untuk memenuhi kebutuhan itu dari orang – orang disekelilingnya.
4.       kebutuhan akan penghargaan yaitu penghormatan diri, kepercayaan diri dll. Sebagai contoh cara dalam memenuhi kebutuha ini ialah adek saya yang menjaga reputasinya sebagai siswa yang aktif di organisasi sekolahnya sehingga namany a tidak tercoreng.  Saya memprediksi, jika kebutuhan ini terpenuhi maka adek saya akan dihormati dan dihargai oleh orang lain. Dan jika tidak terpenuhi, adek saya akan berusaha mengusai suatu kemampuan tertentu sehingga ia mendapat penghargaan dari kemampuannya itu.
5.       Kebutuhn aktualisasi diri yaitu mencangkup pemenuhan diri, sadar akan potensi diri dll. Contoh cara dalam memenuhi kebutuhan ini ialah adek saya yang menyadari kemampuannya dalam tapak suci, kemudian mengembangkan diri untuk terus berlatih dan ikut perlombaan. Maslow (1950) berasumsi bahwa kebutuhan aktualisasi diri langsung muncul setelah kebutuhan dihargai terpenuhi.

Daftar pustaka :

Feist,J.,Feist..J.G(2008).Santoso,Y.terj.theories of personality. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Nunuk Priyati's Blog - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -