Popular Post

Posted by : Unknown Jumat, 11 Juli 2014

Kemunduran Perkembangan
Oleh: Nunuk Priyati
               
                Sebagai orang tua sudah sepantasnya melakukan yang terbaik untuk perkembangan anaknya. Orang tua menginginkan anaknya lebih cepat berjalan, berlari dan berbicara. Tetapi ada yang perlu diketahui orang tua itu sendiri bahwa terdapat masa peka itu sendiri ialah masanya suatu fungsi mudah atau peka untuk perkembangan. Misal, usia 3-5 tahun merupakan masa yang baik bagi anak untuk mempelajari bahasa ibu dan bahasa di daerahnya dan masa peka ini hanya datang satu kali.
                Apabila masa peka tidak digunakan sebaik-baiknya tidak mendapatkan kesempatan dikembangkan, maka fungsi-fungsi tersebut akan mengalami perkembangan yang tidak maksimal. Tapi, jika seorang anak diajari sesuatu yang belum mencapai masa pekanya, justru bisa membuat permasalahan dalam mesa perkembangannya. Conyoh, seorang anak yang belum saatnya berdiri, sudah diajari berdiri oleh orang tuanya. Tetapi justru dia tidak bisa berdiri-berdiri karena belum memasuku masa pekanya. Selain hal itu, anak juga mengalami trauma dan ketika masa peka berdirinya telah tiba, dia justru tidak bisa berdiri karena masa trauma tersebut.
                Berdasarkan ilustrasi tersebut, penulis memprediksi bahwa sang anak mengalami pemunduran perkembangan atau yang sering disebut denhgan regresi. Penulis berpendapat bahwa pengendalian yang dapat dilakukan yaitu dengan memperhatikan masa peka perkembangan anak dalam menerapkan suatu kemampuan. Jika regresi sudah terjadi, orang tua perlu merubah mainseat anak bahwa berdiri bukanlah sesuatu yang menakutkan.  Orang tua juga perlu memberikan imbalan atas usaha sang anak sehingga anak merasa senang.

Daftar Pustaka:
                           
Sumanto. (2013) Psikologi Perkembangan Sepanjang Rentang Kehidupan. Yogyakarta: Program Pasca Sarjana STII Yogyakarta.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Nunuk Priyati's Blog - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -