Popular Post

Posted by : Unknown Jumat, 11 Juli 2014

Pengaruh Iklan Rokok Bagi Remaja
Oleh : Nunuk Priyati

            Banyaknya bahaya merokok bagi kesehatan manusia yang mengancam kematian, sehingga merokok merupakan hal yang sangat perlu kita hindari. Bahaya merokok ini sudah tertera dalam bungkusnya, merokok dapat menyebabkan kanker, penyakit pernapasan kronis, jantung, impoten, dan bahkan dapat menyebabkan kematian. Menurut pusat pengendalian dan pencegahan penyakit Amerika Serikat (CDC) lebih dari 440.000 orang di Amerika Serikat dan 100.000 di Inggris meninggal dunia karena merokok setiap tahun. Selain itu, lebih dari 92 milyar dollar (USD) hilang setiap tahun karena kehilangan produktivitas akibat kematian dini yang berhubungan dengan rokok. (Rhmana, 2013).
            Sekarang ini iklan rokok sangat marak dalam kehidupan. Iklan rokok sering muncul di media massa, di emperan took atau mall dan juga banyak terpampang di jalan raya. Iklan rokok ini sangat berpengaruh bagi remaja. Menurut ristoteles yaitu Anima Intelektiva dimana manusia berpikir dan berkemauan yang mempengaruhi situasi social. Penulis berpendapat bahwa, remaja yang masih labil mudah dipengaruhi oleh iklan. Iklan rokok menjadikan remaja mempunyai persepsi bahwa dengan merokok mereka akan semakin diterima dalam kehidupan sosial. Mereka beranggapan bahwa dengan merokok mereka akan terlihat lebih keren dan modern. Hal ini salah satunya dipengaruhi oleh figur ternama yang menjadi peranan penting dalam iklan rokok.
            Menurut myers yaitu tentang bagaimana orang berpikir, pengaruh dan berhubungan dengan oranglain. Berhubungan dengan orang lain tidak dapat lepas dari situasi social. Menurut penulis, anggapan baik remaja terhadap merokok dapat mempengaruhi keadaan masyarakat. Banyak dari kalangan masyarakat yang menganggap merokok sebagai tradisi sehingga mereka tidak menyadari betapa banyaknya bahaya merokok untuk kesehatan.
            Dengan adanya kesadaran masyarakat tentang banyaknya bahaya merokok untuk kesehatan yang kurang , penulis memberikan saran agar diadakannya penyuluhan dan seminar tentang bahayanya merokok serta berbagai efek buruk yang dialami perokok itu sendiri. Adanya penyuluhan dan seminar tersebut, penulis memprediksi bahwa remaja dan masyarakat akan sedikit demi sedikit memahami betapa bahayanya merokok. Dan dengan adanya pemahaman tersebut, penulis berharap remaja dan masyarakat akan menghilangkan kebiasaan merokok dalam kehidupan sehari – hari.
Daftar Pustaka :
Rohmana. (2013 ). Bahaya Merokok. Retrieved on march 07, 2014. From : Blogging.co.id / bahaya_merokok.

Walgito. (1978). Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Andi Offset : Yogyakarta.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Nunuk Priyati's Blog - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -